Jumat, 20 September 2019

Hari Pertama Kegiatan Perkemahan Tamu Ambalan 2019 - Pramuka SMK Negeri 3 Metro

Hallo sobat Pramuka dimanapun anda berada, SALAM PRAMUKA!!!

Pada kesempatan kali ini Tim Litbang akan berbagi informasi mengenai PERKEMAHAN TAMU ABMBALAN KE-XIX Gugus Depan SMK Negeri 3 Metro, ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang pada hari pertama.

Perkemahan Tamu Ambalan merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan SMK Negeri 3 Metro, yang wajib diikuti oleh segenap peserta didik khususnya kelas X. Penyelengaraan PTA (Perkemahan Tamu Ambalan) pada tahun ini bertempat di Lapangan Desa Sidodadi 31, Kecamatan Pekalongan yang dimulai dari hari Kamis, 5 September 2019 s/d Sabtu 7 September 2019.

Seperti tahun–tahun sebelumnya, hari pertama pelaksanaan PTA tahun ini diawali dengan upacara pembukaan. Pada upacara pembukaan PTA hari ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro, Camat Pekalongan, Perangkat desa Sidodadi, segenap guru dan staff TU serta para panitia dan peserta PTA.
Selaku pembina upacara pada pembukaan PTA hari ini, yaitu Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro, Ibu Suindriyati, S.Pd.,M.Pd.
Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan rasa terima kasih beliau khususnya kepada para Camat Pekalongan, Perangkat desa Sidodadi serta warga masyarakat yang telah mengijinkan SMK Negeri 3 Metro untuk menyelengarakan Perkemahan Tamu Ambalan di Desa Sidodadi.

Beliau juga menyampaikan sekilas tentang profil SMK Negeri 3 Metro mulai dari VISI MISI, Kompetensi Keahlian, Program Unggulan Sekolah hingga berbagai prestasi yang telah dicapai. Beliau menegaskan bahwa SMK Negeri 3 Metro memiliki visi menjadi SMK yang nggul dibidang IMATQ, IT dan Peduli Lingkungan.


Simbolisasi pembukaan PTA dengan memotong pita.


Beliau juga mengimbau kepada para peserta PTA untuk selalu menjaga norma dan etika selama pelaksanaan PTA dengan menerapkan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun serta peduli lingkungan seperti tidak merusak tanaman, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak mengotori lingkungan sekitar.
Penyematan kartu tanda peserta.
 
Setelah sambutan dari Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Metro, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Pekalongan, Bapak Nur Yanto.
Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan rasa terima kasih beliau kepada SMK Negeri 3 Metro yang telah memilih Kecamatan Pekalongan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Penerimaa Tamu Ambalan pada tahun ini.

Beliau berharap para warga masyarakat Desa Sidodadi serta perangkat desa berkenan untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif untuk membantu para peserta didik SMK Negeri 3 Metro selama pelaksanaan PTA di Lapangan Sidodadi.

Beliau berharap dengan diselenggarakanya kegiatan ini, dapat mempererat hubungan serta kerjasama antara warga Kecamatan Pekalongan khususnya warga Desa Sidodadi dengan SMK Negeri 3 Metro.

Setelah upacara pembukaan, para peserta didik dipersilahkan untuk beristiraht sejenak sembari menyiapkan apa – apa saja yang dibutuhkan untuk serangakain kegiatan pada hari pertama PTA hari ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Sesi materi pada hari pertama PTA dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama mengenai kepramukaan dan sesi kedua mengenai kepemimpinan yang disampaikan oleh Kak Joni dan Kak Aris.


Setelah materi, para peserta PTA dipersilahkan untuk melaksanakan ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan) dan dilanjutkan dengan mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk kegiatan selanjutnya yaitu Pawai Obor.


Setelah melaksanakan Ibadah shalat Isya secara berjamaah dengan diimami oleh Bapak Rohmat, para peserta PTA berbaris dengan obor masing – masing ditangan serta 1 buah korek api yang telah disiapkan oleh masing – masing sangga.


Rute yang diambil pada pawai obor PTA malam ini yaitu mengitari sekitaran Desa Sidodadi mulai dari Jalan arah ke luar lapangan yang mengarah ke Pekalongan namun melalui jalur dalam lalu keluar menuju jalan utama dan kembali lagi ke Lapangan Desa Sidodadi (Buper)

Setelah pelaksanaan pawai obor, kegiatan dilanjutkan dengan refleksi. Pada kegiatan refleksi ini dibahas mengenai berbagai evaluasi dari serangkaian kegiatan pada hari ini dan tidak hanya itu pada ahir refleksi para peserta PTA disuguhkan video motivasi sebagai penghantar sebelum mereka beristirahat.



To be Continue.. Hari kedua PTA :)

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

 
Pramuka SMK Negeri 3 Metro