Rabu, 18 September 2019

Kegiatan Diklat Printis Pramuka Angkatan 18 - Pramuka SMK Negeri 3 Metro

Hallo sobat Pramuka dimanapun anda berada, SALAM PRAMUKA!!! 

Pada kesempatan kali ini Tim LITBANG akan berbagi infomasi mengenai Tradisi Diklat Printis Pramuka Angkatan 18 pangkalan SMK Negeri 3 Metro ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang.

Diklat Perintis adalah kegiatan dimana sangga inti di pramuka  akan di beri atau di uji mengenai adat ambalan Ki Hajar Dewantara – Nyi Ageng Serang secara langsung lewat beberapa kegiatan yang ada di dalam Diklat Perintis tersebut.

Kegiatan kita diawali dengan upacara pembukaan, dan untuk selanjutnya akan diisi oleh beberapa kegiatan yang seru dan yang pasti menantang.
Tepat tengah malam peserta diklat bangunkan untuk kegiatan selanjutnya yaitu Jurit Malam. Di jurit malam, peserta diklat diberi suatu pesan yang mana pesan itu tidak boleh bocor ke orang lain dan pesan itu harus sampai ke pembina tanpa sepengetahuan orang lain. Itu tidak gampang loh, karena untuk bisa menemui pembina kita harus melewati banyak rintangan yang sangat menguji adrenalin.
Tidak sampai disitu aja, kegiatan dikeesokan harinya tidak habis begitu saja. Peserta diklat bakal melaksanakan kegiatan-kegiatan yang seru lagi, yaitu membuat bifak di alam bebas dan outbound. Di kegiatan tersebut peserta diklat membuat tempat tinggal sementara meggunakan bahan bahan yang ada di alam, seperti daun pisang sebagai atapnya dan masih banyak lainnya. Dan setelah itu, peserta kemudian melakukan Outbound yang tidak kalah serunya.
Kegiatan ini diakhiri dengan tradisi pengambilan badge. Di pengambilan badge tersebut peserta di beri semacam petunjuk atau clue untuk menemukan badge yang telah di sembunyikan di berbagai tempat. Setelah semua  mendapat badge, peserta langsung diarahkan untuk kelapangan upacara sekolah untuk melaksankan upacara penutupan dan sekaligus melakukan beberapa macam adat ambalan untuk mengakhiri prosesi diklat perintis.

Berikut ini adalah vidio pemberian badge ambalan Ki Hajar Dewantara - Nyi Ageng Serang ke peserta diklat.


 Sampai Bertemu Lagi di Artikel Kami Selanjutnya :)

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

 
Pramuka SMK Negeri 3 Metro