Kamis, 19 September 2019

Tradisi Pengambilan Bantara Pramuka Angkatan 18 - Pramuka SMK Negeri 3 Metro

Hallo sobat Pramuka dimanapun anda berada, SALAM PRAMUKA!!!

Pada kesempatan kali ini tim litbang akan berbagi infomasi mengenai Tradisi Bantara Gugus Depan SMK Negeri 3 Metro, ambalan Ki Hajar Dewantara dan Nyi Ageng Serang.

Tradisi Bantara adalah sebuah kegiatan untuk melatih menjadi Bantara dengan prosedur dan adat ambalan Ki Hajar Dewantara - Nyi Ageng Serang. Biasanya kegiatan ini dilaksankan dengan rutin setiap tahunnya kegiatan ini pun juga berpacu kepada point point yang ada di dalam buku SKU tingkat Bantara.

Pagi kami sudah kumpul di sanggar Pramuka, setelah itu kami langsng melaksanakan perjalanan sambil melewati pos pos yang sudah di sediakan senior yang mana di setiap pos tersebut terdapat intruksi yang berpacu kepada point point SKU Bantara, perjalanannya biasanya menggunakan rute SMK Negeri 3 Metro sampai dengan Stadion 24 Tejosari.

Setelah sampai di stadion, disana kami melaksanakan penerapan point point SKU Bantara, dari segi fisik, kompetensi, maupun wawasan. Tolong menolong dalam menyeberangi sungai, bahu membahu dalam mencari petunjuk jalan hingga tiba di saat pencarian Bantara di kuburan, di situ kami diberi waktu 1 menit hingga 10 detik untuk menemukaan Bantara tersebut tanpa mengurangi norma norma peraturan di kuburan tersebut. Setelah semua mendapatkan Bantaranya barulah kami di intruksikan untuk bersih bersih lalu lalu kembali lagi ke sekolah.
Setelah sampai di sekolah kami di beri waktu untuk istirahat,kemudian melaksanakan upacara penutupan sekaligus Bantara dengan adat ambalan Ki Hajar Dewanatara - Nyi Ageng Serang yang masih kental tentunya. 

SAMPAI BERTEMU DI ARTIKEL KAMI SELANJUTNYA :)

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

 
Pramuka SMK Negeri 3 Metro